Selasa, 20 Desember 2011

Bisnis Sukses Untuk Hidup Sukses

Bisnis adalah salah satu cara untuk menghasilkan materi. Dalam bahasa para pengusaha meraih profit. Tentu tidak ada yang salah ketika ada yang punya pilihan lain, misalnya jadi pekerja. Berkaris menjadi pebisnis meupun pekerja adalah pilihan yang memiliki timbangan yang sama, karena dua-duanya bukan tujuan tetapi sebatas cara untuk mencapai tujuan. Tujuan yang penting adalah mencapai kesuksesan hidup. Standar hidup yamg sukses ditentukan oleh bagian akhir dari kehidupan manusia
Bisnis sebagai sebuah rangkaian hidup, ditempatkan dalam term waktu saat hidup di dunia. Dan setelah kematian tidak akan bisa kita melakukan aktivitas bisnis. Bisnis bukanlah bagian akhir dalam kehidupan kita. Oleh karena itu kesuksesan bisnis ditempatkan sebagai short-term vision. Short-term vision harus dipastikan betul men-support tercapainya long-term vision jangan sampai beda arah atau bahkan bertentangan. Bagi yang memilih hidup sebagai pebisnis maka standart sukses dapat dilihat dari 2 aspek yaitu:
1. Sukses bisnis dari aspek diraihnya profit
Sederhana saja, bisnis yang sukses adalah ketika omset dan profitnya besar serta berlangsung secara stabil.
2. Sukses bisnis dari aspek input dan proses meraih profit
Bisnis yang sukses pada aspek ke 2 ini terkait dengan keridhoan Allah SWT. Bila kesuksesan pada aspek ke 2 ini tidak tercapai maka tak ada gunanya sukses di aspek no. 1 karena profitnya tak ada harganya dihadapan Allah SWT.
Dua aspek bisnis sukses tadi adalah seperti dua sisi mata uang yang tak bisa dipisahkan. Bisnis jelas harus meraih profit, tetapi ingat cara meraihnya harus benar-benar 100% syariah agar amal bisnis kita tidak hangus dihadapan Allah.

Sumber: Agung Wisnuwardana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar