Kegagalan dan keberhasilan merupakan sesuatu yang lazim terjadi dalam kehidupan. Begitu pula dalam berwirausaha atau berbisnis, keberhasilan dan kegagalan akan selalu terjadi bahkan kegagalan akan lebih sering terjadi daripada keberhasilan.
Seperti halnya manusia, berbisnis sebenarnya juga memiliki siklus hidup. Minimal ada 4 tahapan didalam mengelola bisnis : 1. Tahap pengenalan dan promosi, 2. Tahap pertumbuhan dan ekspansi bisnis, 3. Tahap kematangan dan memanen bisnis dan 4. Tahap penurunan dan kematian bisnis.
Setiap tahapan tersebut memiliki karakter kegagalan dan cara antisipasi kegagalan yang berbeda-beda. Yang terpenting, jangan sampai gagal sebelum tahap yang pertama karena kegagalan sebelum tahap pengenalan dan promosi adalah sama saja kegagalan sebelum mencoba untuk berbisnis.
Wujud kegagalan dalam berbisnis bisa dalam banyak bentuk seperti gagal meningkatkan laba perusahaan, gagal dalam menggaet konsumen baru, gagal dalam mempertahankan konsumen lama, gagal dalam melanggengkan hubungan kerjasama dengan investor perusahaan sampai bahkan gagal dalam melanjutkan berdirinya perusahaan (alias bisnis mengalami kebangkrutan) atau malah gagal saat baru saja memulai bisnis.
Jika kita pernah merasakan gagal dalam berbisnis, ada 2 langkah penting yang harus kita lakukan : 1. Mengoreksi diri kita dan 2. Mengoreksi proses bisnis/wirausaha kita. Langkah yang pertama penting dilakukan karena menyangkut visi, misi dan sikap dalam berbisnis. Langkah yang kedua penting dilakukan karena menyangkut teknis dan manajemen bisnis/perusahaan.
Berikut ini beberapa langkah untuk memperkecil resiko kegagalan dalam tahap pengenalan dan promosi bisnis :
1. Seseorang harus memahami dirinya sendiri sebelum memilih bisnis
2. Seseorang harus mencermati bisnis yang akan diterjuni
3. Seseorang harus menguasai hal-hal yang bersifat teknis dan manajemen bisnis
Rabu, 19 Oktober 2011
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar