Rabu, 19 Oktober 2011

URGENSI KEMAMPUAN KOMUNIKASI

Kesuksesan dalam usaha atau bisnis tidak hanya ditunjang oleh keterampilan teknis, pendidikan dan pengalaman dalam bidang bisnis yang tengah digeluti. Tapi, keterampilan dalam komunikasi juga mempunyai peran sangat penting untuk mencapai puncak kesuksesan dalam berbisnis.
Kemampuan komunikasi yang baik dan efektif sangat mendukung kemajuan dalam berbisnis. Tidak ada satu pun manusia yang bisa lepas dari aktivitas berkomunikasi. Jadi pada dasarnya komunikasi adalah bagian dasar kehidupan manusia sehari-hari.
Apapun jenis bisnis yang ditekuni. Apapun jabatan, kemampuan berkomunikasi yang baik mutlak dibutuhkan. Komunikasi berguna untuk menyatakan pendapat dan menunjukan eksistensi diri. Sekarang ini perusahaan terutama yang bergerak di bidang jasa senantiasa berhubungan dengan banyak orang. Saat ini hampir semua perusahaan mulai sadar betul dan beranggapan bahwa jika para karyawannya mempunyai kemampuan komunikasi yang baik maka akan sangat mendorong perusahaan untuk semakin maju dan berkembang.
Kemampuan komunikasi adalah salah satu kecerdasan emosi yang perlu terus diasah dan dikembangkan. Apalagi sekarang ini adalah era informasi dimana orang yang hanya menguasai informasilah yang akan menguasai dunia, dan kemampuan komunikasi seseorang salah satunya sangat ditentukan oleh penguasaan informasi.
Orang yang tak pintar sekalipun dapat menggapai kesuksesan dalam bisnis atau kalau seorang karyawan bisa meraih jabatan yang tinggi dalam perusahaan, jika dia pandai berkomunikasi. Apalagi menurut para pakar manajemen SDM, untuk menduduki level eksekutif ataupun pengusaha kelas kakap, biasanya seseorang dituntut untuk dapat memadukan kemampuan berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Karena selain sanggup melemparkan ide-ide yang cemerlang melalui tulisan, orang tersebut juga mampu mempresentasikan gagasannya secara lisan dengn baik.
Terakhir dan yang tak kalah pentingnya, sangat penting untuk mengevaluasi sejauh mana pesan yang kita sampaikan dapat dimengerti. Jika terjadi kesalahpahaman dalam konteks sebuah perusahaan, tentu ini sangat merugikan bagi perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar